Kesetaraan Gender dan Pemilu 2024

Wartakutim.co.id, Sangatta – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutai Timur memahami prinsip-prinsip terkait perihal perempuan memahami dirinya, akan kesetaraan gender dan partisipasi politik. Hal ini berkaitan erat dengan perhelatan pesta demokrasi atau pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang.

Sehingga pada Kamis (4/8/2022) lalu, digelar sosialisasi terkait “Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik”. Hal ini menurut Kepala Dinas DPPPA Kutim Aisyah, jika kegiatan ini mememiliki arti penting untuk mendorong pemahaman terkait kesetaraan gender dan keterlibatan perempuan pada pesta demokrasi nantinya.

“Ini bentuk pembinaan politik pada masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan pemahaman masyarakat berkaitan pentingnya arti politik itu sendiri,” terang mantan Kadinkes Kutim ini.

Dalam sudut pandang Wakil Bupati Kasmidi Bulang, kesetaraan gender masih menjadi fenomena hangat untuk diperbincangkan dalam kalangan publik dan politik. Masih menjadi sebuah tantangan yang terus dihadapi hingga saat ini.

“Jumlah keterlibatan perempuan dalam setiap aktivitas publik termasuk dalam kegiatan politik yang masih jauh tertinggal bila dibandingkan dengan keterlibatan laki-laki. Untuk itu penting sosialisasi dan pemberian pehaman yang dilakukan oleh DPPPA Kutim tersebut,” jelas Kasmidi. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)