Berita

Diskominfo Kutim Hadirkan Layanan Satu Data

158
×

Diskominfo Kutim Hadirkan Layanan Satu Data

Sebarkan artikel ini
Kadis Kominfo Siap Dukung Peningkatan Kualitas SDM Jurnalistik di Kutim

Dalam memudahkan megakses informasi dan data untuk bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan kepala Organisasi Prangkat Daerah (OPD), Dinas Komunikasi Informasi dan Persendian Kutai Timur telah  menyiapkan aplikasi Dashboard di Portal Satu Data Kutim.

Kepala Dinas Kominfo Staper Kutim Ery Mulyadi mengatakan, , saat ini Diskominfo Staper sedang mengumpulkan para operator Perangkat Daerah untuk kegiatan Briefing Petugas Operator Portal Satu Data Kutim karena mereka (Dinas/Badan/Kecamatan) itulah yang menjadi produsen data.

“Tugas operator tersebut menghimpun data-data sektoral yang ada di masing-masing Perangkat Daerah. Jenis-jenis data itulah nantinya yang akan dikumpulkan oleh operator, selanjutnya diverifikasi atasannya secara berjenjang. Data yang sudah diverifikasi itulah nantinya yang akan menjadi data resmi dalam Portal Satu Data Kutai Timur,” katanta.

Ia menambahkan, Dalam Briefing Petugas Operator Portal Satu Data Kutim ini melibatkan 41 orang yang berasal dari 37 Perangkat Daerah, 1 instansi vertikal dan 1 kantor camat.

“Hasil yang diharapkan pada kegiatan kali ini agar petugas operator dapat memahami tugas dan tanggungjawab pekerjaan yang harus dipenuhi, selain itu dapat memahami teknis pelaksanaan pekerjaan dan petugas operator dapat berkomitmen kuat untuk menyelesaikan pekerjaan hingga akhir sesuai dengan hasil keluaran yang diharapkan,”ungkapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa telah terdapat Dashboard di Portal Satu Data Kutim yang bisa diakses unsur pimpinan. Baik oleh Bupati, Wakil Bupati maupun Sekretaris Daerah ketika membutuhkan data.

“Jadi para pimpinan tinggal klik saja di dashboard yang sudah kita persiapkan itu, misalnya perlu data berapa jumlah puskesmas dan sebarannya dimana. Tinggal searching karena sudah terrecord di portal satu data,” beber Ery saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (3/5/2023)

Portal satu data ini, sambung Ery, untuk mempermudah pimpinan apabila membutuhkan data, selain itu masyarakat pun bisa mengakses data informasi melalui portal tersebut.

Saat ditanya kendala yang dihadapi saat selaku wali data, dirinya mengatakan cukup banyak kendala yang dihadapi, akan tetapi pihaknya berupaya agar permasalahan tersebut bisa di eliminir.

“Salah satu upaya kami rutin bersama BPS dan Bappeda sebagai tim satu data di Kutim melakukan koordinasi. Tahun lalu juga kami sudah lakukan dengan berkeliling ke berbagai Perangkat Daerah terkait pembinaan data-data sektoral,” ujarnya. (WAL/ADV)