BeritaBerita Pilihan

Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024

121
×

Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Menjelang Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak, pemkab Kutai Timur mengupayakan pemilu 2024 menjadi pemilu yang benar benar demokratis dan partisipasi masyakarat ikut meningkat.

Salah satu yang di lakukan Pemkab Kutim dalam mengsukseskan Pemilu 2024 dengan melibatkan melalui organisasi kemasyarakatan. Melalui Kesbangpol Kutim, Pemkab Kutim mengundang  seluruh Ormas untuk mengikuti kegiatan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik dengan Tema “Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024”

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Kutim digelar Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Kamis, (25/5/2023) kemarin, di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono, kepala Kesbangpol Kutim dan sejumlah Ormas, Bawaslu Kutim serta tokoh agama.

Dalam sambutanya Poniso mengatakan, masyarakat merupakan unsur utama yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu pemerintahan pada sistem demokrasi. Partisipasi politik dapat dijadikan sebagai salah satu parameter dalam penilaian tingkat demokrasi di sebuah daerah.

“Semakin tinggi partisipasi politik dalam masyarakat dapat menunjukkan kondisi demokrasi yang berkualitas. Jika partisipasi politik masyarakat rendah hal tersebut dapat menunjukkan apatisme dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap sistem pemerintahan,” jelasnya

Dikatakan, Ormas memiliki peran penting dalam mengsukseskan Pemilu 2024. Untuk itu pihaknya meminta ormas membantu mensosialisasikan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pemilu tersebut.

“Di sinilah peran penting Ormas karena dapat membantu menginformasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat dan bisa membantu meluruskan berita yang tidak benar atau hoaks yang banyak beredar di masyarakat,” tambahnya

Ia berharap Pemilu Serentak 2024 dapat melahirkan para wakil rakyat, presiden dan kepala daerah yang berkualitas yang akan membawa bangsa dan negara ini kepada kemajuan, kejayaan, kesejahteraan seperti yang dicita-citakan bersama. (adv/sg)