Berita

Diduga Menpora dan Dua Pengusaha Disebut Ikut Terima Aliran Duit Proyek BTS Kominfo

4886
×

Diduga Menpora dan Dua Pengusaha Disebut Ikut Terima Aliran Duit Proyek BTS Kominfo

Sebarkan artikel ini
Diduga Menpora dan Dua Pengusaha Disebut Ikut Terima Aliran Duit Proyek BTS Kominfo

WARTAKUTIM.CO.ID,JAKARTA – Menpora Dito Ariotedjo dan dua pengusaha bernama Windu Aji Santoso pemilik PT Lawu Agung Mining dan Jemy Sutjiawan, Direktur Utama PT Sansaine Exindo disebut-sebut ikut menerima aliran uang korupsi proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kemenkominfo 2020-2022.

Dugaan itu diungkapkan oleh akun Twitter @_palungmariana berdasarkan pengakuan salah satu tersangka dalam perkara ini, Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitechmedia Sinergy.

“Pengakuan itu berasal dari Irwan Hermawan, Komisaris PT Solitechmedia Sinergy, satu dari delapan tersangka yang sudah ditetapkan tersangka Kejagung,” tulis Palung Mariana dalam akun twitter, dikutip Inilah.com, Rabu (28/6/2023).

Menurut Palung Mariana, berdasarkan pengakuan Irwan, uang saweran dari semua perusahaan yang ditunjuk membangun BTS dikirim ke Windu sebanyak tiga kali total senilai Rp 75 miliar.

“Ia (Irwan) mengatakan, di samping ke sejumlah elite negara termasuk Menpora milenial Dito Ariotedjo, uang saweran dari semua perusahaan yang ditunjuk membangun BTS dikirim ke Windu dalam 3x dengan total senilai Rp75 miliar,” tulis Palung Mariana

Uang itu, dikatakan Palung Mariana, diserahkan Irwan langsung ke rumah Windu.

“Irwan menyerahkan uang itu langsung ke rumahnya di Perum. Patraland, Kuningan, Jaksel,” tulis Palung Mariana, yang juga menyebut Windu merupakan Tim Sukses (Timses) Joko Widodo-Jusuf Kalla di Pemilu 2014.

Selain ke Windu, Palung Mariana juga menuturkan adanya aliran uang dari Irwan ke Jemy Sutjiawan dengan total senilai Rp 37 Miliar dalam rentang waktu April 2021- Juni 2022. Uang itu diserahkan Jemy melalui Windi Purnama, tersangka korupsi BTS yang juga orang kepercayaan Irman.