BeritaBerita Pilihan

Festival Sekerat Nusantara 2023 Ditarget Naikkan Kunjungan Wisatawan

412
×

Festival Sekerat Nusantara 2023 Ditarget Naikkan Kunjungan Wisatawan

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id,Bengalon – Festival Sekerat Nusantara (FSN) tahun 2023 di Kecamatan Bengalon, ditargetkan mampu menaikkan kunjungan dari wisatawan lokal (Wislok) maupun wisatawan mancanegara (Wisman).

Hal yang berpengaruh pula pada peningkatan ekonomi masyarakat hingga industri pariwisata di Kutim. Termasuk dikemasnya FSN 2023 dengan berbagai kegiatan, salah satunya melalui camping yang diikuti para penggiat alam maupun pihak perangkat daerah, organisasi lingkungan serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dispar Kutim Nurullah menyebutkan kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 23 – 29 Juli 2023, di Pantai Sekerat Kecamatan Bengalon itu terdapat banyak agenda di dalamnya. Untuk camping konsepnya, peserta tidak diperbolehkan membawa makanan sendiri jadi harus jajan pada jajanan yang disediakan pelaku UMKM.

“Dengan begitu selama kegiatan berlangsung, maka pertukaran uang akan terjadi sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ujar Kadispr pada Minggu (23/7/2023).

Terdapat banyak agenda di dalamnya di antaranya Adat Budaya Ritual, Adat Pelas Laut, Bazar UMKM, Lomba Mancing, Lomba Balap Kapal Mesin Dompeng, serta banyak acara lainnya.

Adapun Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, FSN mempunyai arti penting bagi pelestarian, pengembangan seni budaya Kaltim dan nusantara serta promosi pariwisata Kutim.

“Tidak kalah penting adalah kebangkitan ekonomi kerakyatan melalui bazar UMKM pada saat festival berlangsung. Untuk itu dukungann masyarakat Kutim dan Kaltim pada FSN 2023, begitu diharapkan,” jelas Bupati. (Wal/adv)