BeritaBerita PilihanOlahraga

600 Orang Ikuti Event Olahraga Tradisional, Upaya Meriahkan HUT RI ke-78

467
×

600 Orang Ikuti Event Olahraga Tradisional, Upaya Meriahkan HUT RI ke-78

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id,Sangatta – Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Menggelar event olahraga tradisional pada Selasa (22/8/2023) pagi, yang digelar dilapangan Upacara Kantor Bupati, Komplek Perkantornn Bukit Pelangi.

Event yang diikuti oleh 600 orang peserta tersebut, dibuka secara langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dengan penuh semangat. Hal ini dikarenakan antusiasme ratusan peserta, pada berbagai jenis olahraga tradisional yang dilombakan begitu tingginya.

Ditekankannya pula mengenai target bangsa dalam mempersiapkan diri menyambut tahun emas (genap 100 tahun, red) yang jatuh pada 2045 mendatang. Tentu Pemkab Kutim turut mempersiapkan diri, terlebih IKN hadir di bumi Kalimantan pada 2024.

“Artinya kita bangga! Kita siapkan diri! Baik dari sisi pembangunan sosial, olahraga dan pendidikan. Untuk itu masyarakat harus berpartisipasi, salah-satunya ditunjukkan dengan mengikuti berbagai olahraga tradisiona; khas daerah yang diperlombakan hari ini,” terang Bupati sembari menyemangati ratusan peserta.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyebutkan jika berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangkaian HUT RI ke-78. Dimulai sejak Selasa hingga Rabu esok (23/8/2023), gelaran event olahraga tradisional tersebut merupakan garapan  Dispora Kutim.

“Hari ini ada 6 kegiatan, pertama sumpit dengan 15 tim yang bertanding. Lalu lomba gasing yang diikuti 13 putra dan 13 putri. Patok lele diimana untuk umum diikuti 24 tim putra dan 18 tim putri,” ungkap Wabup.

Selanjutnya untuk tarik tambang umum diikuti 22 tim putra dan 20 tim putri. Adapun bakiak kelas pelajar diikuti 12 tim putra dan 8 tim putri. Asen naga umum diikuti 17 tim putra untuk tim putri ada 22, adapun pada kelas pelajarnya diikuti 11 tim putra dan 10 tim putri.

“Pada HUT Kutai Timur nantinya, akan diadakan pula perlombaan yang sama,” ungkap Wabup memberikan informasi tambahan.  (Uni)