Berita PilihanPeristiwaWarta Parlementeria

Hadiri HUT TNI ke-78 di Lapangan Dandim 0909/KTM, Pemimpin Legisatif hingga Eksekutif Ucapakan Selamat

227
×

Hadiri HUT TNI ke-78 di Lapangan Dandim 0909/KTM, Pemimpin Legisatif hingga Eksekutif Ucapakan Selamat

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) 2023 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), berlangsung pada Kamis (05/10/2023) digelar Upacara bertempat di Lapangan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0909/Kutai Timur 0909/KTM di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut, hadir Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Kapolres Kutim AKBP Ronny Bonic, Kajari Kutim Romlan Robin, Ketua Perwakilan Organisasi serta Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat di Kutim, serta undangan terkait.

Bertindak sebagai inspektur upacara Danlanal Sangata Letkol Laut (P) Shodikin, dimana bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Kapten Inf Mardan yang merupakan Danramil 0909/04 Muara Ancalong. Danlanal Sangata Letkol Laut (P) Shodikin dalam kesempatan itu membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Yudo Margono.

“Sebagai garda terdepan, sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan,” terang Letkol Laut (P) Shodikin membacakan amanat Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu ucapan selamat dihaturkan oleh para pemimpin di Kutim pada HUT TNI ke-78, baik itu pimpinan legislatif hingga pimpinan eksekutif mengucapkan selamat kepada Tentara Nasional Indonesia.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur Joni, mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal ini disampaikannya di sela-sela kegiatan HUT TNI yang berlangsung di Lapangan Komandan Distrik Militer (Dandim).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kutim ini mendoakan agar TMI semakin jaya, profesional, militan, rendah hati dan selalu dicintai rakyat. “TNI merupakan garda terdepan dalam melindungi kedaulatan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia, kita tentu bangga memiliki tentara-tentara yang tangguh dan selalu siap melindungi rakyatnya,” terang Ketua DPRD Kutim.

Ditambahkannya, jika rasa bangga tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan ucapan dan doa kepada TNI di hari jadinya yang ke-78. “Dirgahayau TNI,” tegas Ketua DPRD Kutim Joni.

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman dalam kesempatan yang sama mengucapkan ungkapan serupa. Dimana atas nama Pemkab Kutai Timur dirinya mengucapkan selamat HUT TNI ke-78. Terlebih lagi Ibu Kota Nusantara (IKN) ditempatkan di Kalimantan Timur, sudah barang tentu TNI mempersiapkan diri dengan luar biasa atas perihal yang baik tersebut.

“Kita berharap TNI terus menjadi garda terdepan, dalam rangka menjaga kedaulatan, menjaga keamanan, menjaga kesatuan dan persatuan NKRI,” terang Ardiansyah Sulaiman. (Adv/War)