PHBI Kutim Gelar Buka Puasa Bersama Masyarakat Sangatta Utara dan Sangatta Selatan

Sangatta, Wartakutim.com – Mendekati akhir bulan Ramadhan 1435 H, Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kutai Timur menggelar kegiatan buka puasa bersama masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan masyarakat dengan pihak PHBI, terutama dalam rangkaian pemberian informasin mengenai kegiatan-kegiatan hari besar islam yang selama ini dilakukan oleh pihak PHBI di Kutim. Kegiatan buka puasa bersama dilakukan setelah beberapa waktu sebelumnya, pihak PHBI menggelar peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Agung Bukit Pelangi.

Ketua PHBI H. Mugeni mengatakan kegiatan buka puasa yang digelar oleh PHBI, dilakukan secara berturut-turut di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Adapun kegiatan buka puasa bersama dilakukan di Masjid At-Taqwa Teluk Lingga pada Selasa (15/7) lalu, yang mana kegiatan diikuti oleh pengurus masjid serta seluruh masyarakat sekitar.

“Kegiatan buka puasa bersama masyarakat tidak hanya dilakukan di Masjid At-Taqwa Teluk Lingga saja, tetapi kami lakukan ke beberapa lokasi di dua buah kecamatan. Selanjutnya kami juga menggelar kegiatan serupa di Masjid Al-Hijrah di Desa Sangkima Airport, Sangatta Selatan. Kemudian berlanjut di Yayasan Kharisma di Jl Majai Dusun Singa Karti Sangatta Utara, yang merupakan Majlis Ta’lim. Dimana selain menyelenggarakan pendidikan TK/TPA Al-Qur’an, juga melakukan pembinaan dan pengajian bagi Mu’allaf,” terang Ketua PHBI.

Dikatakan oleh Mugeni bahwa hakikat puasa di bulan Ramadhan bukan hanya untuk membentuk pemantapan dan perbaikan ibadah atau hubungan kepada Allah SWT. Akan tetapi juga untuk menguatkan rasa kepekaan diri dan menjalin harmonisasi hubungan horizontal dengan sesama umat manusia atau saudara seiman. “Sehingga PHBI Kutim, tidak akan bertindak ekslusif untuk semata-mata sekedar menyelenggarakan kegiatan umat dalam hari-hari besar islam saja, akan tetapi juga merangkul umat untuk bersama-sama menyemarakkan dan menggerakkan semangat keislaman antara semua elemen masyarakat,” tegas Mugeni.

Kegiatan PHBI sendiri diikuti oleh beberapa pihak, mulai dari Kabaghumas Setkab Kutim Muchtar, anggota Aliansi Wartawan Sangatta (Awas) Adi Sagaria, Robert, Fahrul Razi, Dedy, anggota PHBI Kutim, serta juga tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda. Waktu kegiatan dimulai pukul 17.30, yang disertai dengan kegiatan buka puasa, ceramah dari ustadz, sholat maghrib berjamaah hingga melakukan sholat isya dan tarawih bersama-sama.

“Kesempatan seperti ini jarang sekali terjadi, maksudnya adalah bagaimana kebersamaan antara pihak masyarakat dengan PHBI serta aliansi jurnalis, maupun juga tokoh-tokoh masyarakat saling mengakbrakan diri dalam momentum bulan suci ramadhan. Kita semua dituntut untuk memperhatikan nasib orang-orang tidak mampu di sekitar kita, sehingga muncul perasaan untuk membantu dan bukan hanya terenyuh, akan tetapi juga memunculkan sikap untuk saling berbagai dengan sesama,” ungkap Mugeni. (kmf3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.