oleh

Polsek Sebulu Berhasil Amankan Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong

-Hukum Dan Kriminal-Dibaca : 295 Kali

KUKAR- Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Sebulu berhasil mengamankan spesialis pencurian rumah kosong. Ia bernama Rijani alias Jo (21) warga Jalan H.A Syakir, Desa Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Pelaku kami amankan, Minggu (1/3/2020) sore lalu di tempat tinggalnya,” tutur Kanit Reskrim IPDA Maryono, Sabtu (7/3/2020) lalu di Mapolsek Sebulu.

Jo dilaporkan telah melakukan pencurian di tiga lokasi. Terakhir pada 23 Februari 2020 lalu di Mess Puskesmas Sebulu di Jalan H.A Syakir. Bahkan Jo juga pernah masuk ke dalam toko sembako.

“Jadi pelaku ini spesialis rumah kosong. Apabila tidak ada penghuninya. Ia akan membobol masuk ke dalam rumah melalui pintu maupun jendela,” tutur Maryono.

Dari tangan Jo. Petugas mengamankan sejumlah barang bukti seperti tiga buah tabung gas, laptop, jam tangan, handphone, serta biskuit suplemen tambahan balita.

“Semua sudah kami amankan. Untuk pelaku juga sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Ia kami jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancamannya 7 tahun penjara,” urai Kanit.

Sementara itu, Jo mengaku nekat mencuri karena masalah ekonomi pasca menganggur. Barang yang dicurinya sebagian ia jual, dan sebagian ia gunakan sendiri.

“Kalau tabung gas saya jual. Harganya Rp 120 ribu per tabung. Kalau yang lain belum sempat saya jual,” ujarnya.

Selain mencuri tabung. Jo juga mengakui mengambil tiga kotak biskuit suplemen untuk balita. Karena ia mengaku penasaran dengan rasanya.

“Pengen tahu rasanya (biskuit balita,Red). Jadi saya makan saja. Tidak dijual,” aku Jo.

HUMAS POLDA KALTIM

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">