oleh

MTQ Ke-50 Resmi Dibuka, Diikuti 258 Qori Qoriah

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menggelar kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2021 di Balikpapan Islamic Center, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud  yang ditandai dengan pemukulan beduk yang juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan, Sekretaris Daerah Balikpapan Sayid MN Fadly, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan Johan Marpaung, Ketua LPTQ Balikpapan Muhammad Noor, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Balikpapan, Dewan Hakim dan Seluruh Kafilah.

Adapun rangkaian acara pembukaan MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Qori terbaik Kota Balikpapan Muhamad Ali, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Wali Kota Balikpapan, terakhir penyerahan piala juara umum MTQ tahun lalu kepada Wali Kota Balikpapan yang diserahkan kembali kepada Ketua Panitia MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan untuk dilombakan.

Rahmad Mas’ud mengatakan, pelaksanaan MTQ ini diharapkan bukan hanya sekedar seremonial rutin tahunan saja, akan tetapi harus memiliki makna strategis yang mendukung terwujudnya masyarakat khususnya umat muslim yang memiliki wawasan modern dengan menjunjung tinggi nilai agama.

“Selain menjadi kesempatan untuk membentuk sdm umat yang berakhlaq baik, yang akan berkontribusi dalam pembangunan. Tentunya mtq ini juga menjadikan momentum kita untuk kembali menyerukan kerjasama dalam ketaqwaan dan kebaikan saat bangsa kita yang masih mengalami masa-masa yang sulit. Yaitu dengan terjadinya pandemi covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini,” jelasnya.

Rahmad juga mengajak seluruh masyarakat untuk menerima dan mendukung vaksinasi untuk pulih dari pandemi covid-19, agar MTQ selanjutnya bisa lebih besar lagi. Untuk Rahmad Mas’ud menghimbau kepada seluruh kafilah dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Baca Juga  Gempa Bumi di Poso Terasa Hingga Kota Balikpapan

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh kafilah, majulah menjadi potensi yang kuat untuk menjadi yang terbaik, Namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai silaturahmi dan persaudaraan antara sesama umat islam Agar dapat menjadi cerminan agama yang rahmatan lil alamin,” ucap Rahmad Mas’ud pada sambutannya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh juga berharap agar pelaksanaan MTQ kali ini bisa berjalan lancar dari awal hingga akhir, serta dapat menghasilkan para juara yang akan membawa nama besar Balikpapan di tingkat provinsi, Nasional hingga Internasional.

“Seperti daerah-daerah yang lain yang juga yang berkembang dengan pesat ada yang juara nasional juara internasional sekalipun. Inti mtq ini 50 ini mencetak yah qori qoriah terbaik kota balikpapan,” ucap Abdulloh.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh juga berharap agar pelaksanaan MTQ kali ini bisa berjalan lancar dari awal hingga akhir, serta dapat menghasilkan para juara yang akan membawa nama besar Balikpapan di tingkat provinsi, Nasional hingga Internasional.

“Seperti daerah-daerah yang lain yang juga yang berkembang dengan pesat ada yang juara nasional juara internasional sekalipun. Inti mtq ini 50 ini mencetak yah qori qoriah terbaik kota balikpapan,” ucap Abdulloh.  #

Wartawan: Thina