IPHI Kutim Anjangsana ke IPHI Yogyakarta

Saling Tukar Informasi untuk Kemajuan Organisasi

Wartakutim.co.id, Yogyakarta – Ketua Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Kutai Timur Sobirin Bagus bersama pengurus melakukan anjangsana ke IPHI Yogyakarta, dimana kedatangan tersebut disambut langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta Nadhif dan Sekretaris IPHI Yogyakarta Ahmad Mustafidz.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kemenag Yogyakarta pada Senin (14/11/2022) lalu itu, mengetengahkan perihal pentingnya kemandirian organisasi. Selain dapat saja mendapatkan alokasi dana hibah dari daerah, kegiatan organisasi dapat ditopang pula oleh unit-unit usaha yng dkelola termasuk pendanaan dari elemen masyarakat.

Kakamenag Nadhif menyampaikan jika Pemkot Yogyakarta pada tahun 2022 menganggarkan Rp 1,2 miliar untuk Kementerian Agama. Dana tersebut kemudian dialokasikan untuk berbagai kegiatan, termasuk hibah untuk pondok pesantren,” jelas Nadhif.

Kementerian Agama Kota Yogyakarta melakukan kerjasama dengan IPHI Kota Yogyakarta dalam melakukan bimbingan manasik, maupun praktik manasik haji dalam penyediaan narasumber. Ia juga menyebut penting memberikan perhatian kepada calon jemaah yang berada dalam masa tunggu.

“Antrian haji di Kota Yogyakarta mencapai 32 tahun, untuk itu kami ingin hadir di tengah mereka melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan para calon jemaah. Dalam waktu dekat kami akan menyapa mereka melalui fasilitas studio mini yang akan segera dibangun,” ungkapnya.

Sekretaris IPHI Kota Yogyakarta, Ahmad Mustafidz, dalam paparannya menyebutkan beragam program IPHI. “Selain mengadakan pengajian rutin di setiap Kemantren (Kecamatan), kami juga mengadakan kegiatan sosial di masyarakat berupa pembuatan sumur bor di dua lokasi,” ungkap Mustafidz.

Sementara itu Ketua IPHI Kutim Sobirin Bagus menerangkan, jika kegiatan tersebut merupakan bentuk pembelajaran lebih detail mengenai apa-apa saja yang dilakukan pengurus IPHI di Kota lain dalam menggerakkan roda organisasinya.

“Selain melakukan anjangsana, kegiatan ini adalah cara kita mendapatkan atau bertukar informasi untuk saling menguatkan jalannya organisasi. Sehingga apa-apa saja yang baik, dapat kita transformasikan dalam tindakan nyata bagi IPHI Kutim,” ujar anggota DPRD Kutim dari Partai Kebangkitan Bangsa ini, saat dihubungi melalui telpon seluler. (ADV-DPRD/Imr/Wal)