Kecamatan

Ustadz Ardiansyah Sulaiman Berikan Ceramah di Al-Muhajirin

592
×

Ustadz Ardiansyah Sulaiman Berikan Ceramah di Al-Muhajirin

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id. Sangatta – Menarik melihat bahwa pemimpin kita memiliki kemampuan yang luas, tidak hanya sebagai Bupati Kutai Timur dalam kapasitas eksekutif, atau melalui pengalamannya sebagai mantan anggota DPRD yang bergerak di jalur legislatif. Ardiansyah Sulaiman, yang juga pernah menjadi seorang guru dan dikenal sebagai seorang pemuka agama, merupakan contoh nyata dari pemimpin yang beragam dalam pengetahuan dan kualifikasi.

Pada kunjungannya ke Rantau Pulung pada hari Selasa (1/8/2023), Bupati Ardiansyah Sulaiman mengalami momen yang menunjukkan betapa pengaruhnya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Meskipun awalnya hadir dalam kapasitas sebagai tamu undangan, beliau diminta oleh masyarakat untuk memberikan ceramah di Masjid Al Muhajirin dalam rangka peringatan 1 Muharram 1445 H.

Dalam situasi ini, Bupati dengan rendah hati memberikan ceramah yang mengangkat makna mendalam dari bulan Muharram. Ia menjelaskan bahwa bulan Muharram memiliki beberapa keutamaan, di antaranya merupakan bulan suci yang memiliki hubungan dengan para nabi, dan amalan yang dilakukan dalam bulan ini memiliki nilai yang dilipatgandakan. Ia juga menyebutkan bahwa bulan ini adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan sunnah, termasuk berpuasa dan bersedekah.

“Makna ‘haram’ (suci) di Muharram memiliki arti yang luhur, serupa dengan arti ‘haram’ pada Masjidil Haram. Oleh karena itu, saat kita melaksanakan ibadah di bulan ini, pahalanya akan diperbanyak. Namun, sebaliknya, jika kita melakukan dosa, ganjarannya juga akan semakin besar. Oleh karena itu, mari tingkatkan ibadah kita,” ujar Ustadz Ardiansyah Sulaiman dengan suara yang menenangkan.

Kehadiran Bupati dalam acara tersebut menunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat dan penggunaan pengetahuannya dalam konteks agama untuk memberikan arahan yang bermakna. Hal ini mencerminkan pentingnya memiliki pemimpin yang memiliki wawasan yang luas dan dapat beradaptasi dengan berbagai situasi untuk memberikan panduan yang baik kepada masyarakat. (Wal/adv)