NasionalWarta Kesehatan

Imunisasi Rotavirus Sudah Ada di Kaltara

124
×

Imunisasi Rotavirus Sudah Ada di Kaltara

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Tanjung Selor – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan program pemberian imunisasi rotavirus secara gratis untuk bayi di Indonesia dalam rangka HUT RI ke-78.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Utara (Kaltara) Usman, mengatakan saat ini vaksin tersebut sudah di distribusikan ke kabupaten kota yang ada di Kaltara.

”Iya vaksinasinya sudah ada di kita, ini menyasar sekitar kurang lebih 12 ribuan anak di Kaltara yang akan mendapatkan imunisasi Rotavirus,” ucapnya, Rabu (16/8/2023).

Usman menjelaskan vaksin rotavirus tentu berfungsi untuk mencegah infeksi rotavirus penyebab diare, muntaber atau gastroenteritis, yang ditujukan bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 2 bulan. Bayi akan mendapatkan masing-masing 3 dosis vaksin rotavirus dengan jarak 4 minggu antar dosis.

Adapun tujuan imunisasi rotavirus adalah untuk mencegah penyakit rotavirus yang menyebabkan diare parah hingga berair. Pada bayi, penyakit ini diikuti dengan gejala muntah dan demam. Akibatnya, bayi akan mengalami dehidrasi yang parah.

“Ini akan kita terapkan juga secara gratis di pos-pos kesehatan seperti posyandu, puskesmas dan rumah sakit,” katanya.

Dijelaskan Usman di Indonesia, angka kematian bayi karena diare masih tinggi. Data dari Indonesian Rotavirus Surveillance Network atau IRSN (Soenarto et al, 2017) menunjukkan sekitar 45 persen kasus rawat inap pada balita disebabkan diare cair akut karena rotavirus.

Bahkan Sekitar 9,8 persen kematian pada bayi di bawah 12 bulan dan 4,55 kematian pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia disebabkan oleh diare. Imunisasi rotavirus aman dan efektif mengurangi risiko kematian dan stunting pada bayi akibat diare berat. Hampir semua bayi yang mendapat vaksin rotavirus akan terhindar dari diare rotavirus yang parah.  (Wal)