AdvetorialWarta Parlementeria

Pemenuhan Kebutuhan Administrasi Kependudukan: Pengadaan Alat Perekam KTP El Menjadi Prioritas

272
×

Pemenuhan Kebutuhan Administrasi Kependudukan: Pengadaan Alat Perekam KTP El Menjadi Prioritas

Sebarkan artikel ini
Ketua Pansus Barharap Raperda Kearsipan Segera Dijalankan dan Diimplementasikan

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTAPengadaan alat perekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) menjadi sebuah prioritas yang seharusnya dikedepankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Kutai Timur. Langkah ini dianggap klamudahan pemenuhan pelayanan pendaftaran penduduk, terutama mengingat kebutuhan masyarakat di berbagai wilayah, baik di pedalaman maupun pesisir Kutim.

Anggota DPRD, dr. Novel Tyty Paembonan, menekankan bahwa setiap kecamatan di Kutai Timur harus dilengkapi dengan alat perekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Tujuannya adalah memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

“Penting sekali demi memudahkan masyarakat untuk memperoleh KTP elektronik. KTP ini merupakan syarat dasar wajib bagi masyarakat untuk memenuhi administrasi di negeri ini,” ungkapnya pada Rabu (25/10/2023).

Dengan dukungan anggaran saat ini, dr. Novel menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak memberikan pelayanan dasar secara maksimal dan menyeluruh kepada masyarakat di 18 kecamatan.

“Kami mengapresiasi kepada Disdukcapil Kutim yang telah meluncurkan aplikasi berbasis web. Langkah ini memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kependudukan,” tambahnya.

 

Meskipun mengapresiasi langkah menuju pelayanan online, dr. Novel tetap berharap adanya dukungan yang memadai. Hal ini penting agar layanan tersebut dapat diakses oleh masyarakat di seluruh pelosok Kutai Timur. Dengan demikian, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. (ADV/WAL)