Advetorial

Bupati Tandatangani Komitmen Bersama Gubernur dan KPK

87
×

Bupati Tandatangani Komitmen Bersama Gubernur dan KPK

Sebarkan artikel ini
Bupati Ismunandar saat menandatangani komitmen bersama dihadapan Gubernur Kaltim dan Pimpinan KPK Saut Situmorang (Syahid humas)
Bupati Ismunandar saat menandatangani komitmen bersama dihadapan Gubernur Kaltim dan Pimpinan KPK Saut Situmorang (Syahid humas)

WARTAKUTIM.co.id, SAMARINDA– Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berkomitmen untuk memberantasan praktik korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Semangat memberantas KKN tersebut juga dituangkan dalam sebuah komitmen, yang ditandatangani langsung Bupati Kutim Ismunandar bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pimpinan KPK Saut Situmorang di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Rabu (19/7).

Penandatanganan komitmen bersama itu dilakukan setelah acara Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Se-Kaltim 2017. Dari jajaran Pemkab Kutim turut mendampingi Bupati antara lain Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, Seskab Irawansyah serta Kepala Inspektorat Wilayah Kabupaten Kutim Suko Buono.

Bupati Kutim Ismunandar ditemui usai rakor menegaskan bahwa dirinya selalu mengingatkan kepada bawahannya untuk tidak melakukan korupsi disetiap memimpin Rapat kerja “Coffe Morning”. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan sejak dini potensi praktik KKN.

“Apa yang disampaikan KPK pada rakor ini, terkait program pemberantasan korupsi telah kita lakukan. Dengan mengingatkan (pegawai dan pejabat) disetiap rapat rutin,” tegasnya setelah acara yang diikuti oleh kepala daerah se-Kaltim tersebut.

Saat ini menurut Ismu, Pemkab Kutim tengah intens melakukan pengawasan melibatkan pengawas internal yakni Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Selain itu untuk meminimalisasi potensi dan celah korupsi, Pemkab Kutim juga mengawasi sektor pelayanan public terutama berkaitan dengan perizinan. Bisa dengan inspeksi mendadak maupun penanganan lainnya.

Sebelumnya dalam rakor, Pimpinan KPK Saut Situmorang mengatakan era sekarang ini adalah saat semua pihak mendorong perubahan demi kesejahteraan masyarakat. Caranya dengan menekan tindak pidana korupsi. Namun karena keterbatasan, pihak KPK berharap melalui kerjasama pemerintah pusat bersama pemerintah daerah upaya pemberantasan KKN bisa dimaksimalkan.

“Kerjasama itu dimulai dengan peningkatan daya saing aparatur pemerintah, dalam hal pemberian pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia juga sangat berharap apabila ada permasalahan didaerah seperti perizinan, agar dapat dilaporkan kepada KPK sehingga bisa dilakukan tindakan atau penanganan.

“Siapapun orangnya jika terdapat bukti (KKN) kami bawa ke pengadilan,” tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan juga di isi dengan penyampaian materi berjudul upaya bersama menghadirkan pemerintah yang bersih oleh Inspektur I Kemendagri Dadang Sumantri, penekanan pengawalan dan peningkatan akutabilitas melalui SIMDA, SIRUP dan penguatan aparat pengawas internal oleh Dadang Kurnia dari BPKP Pusat. Terakhir materi area potensi korupsi yakni proses penyusunan alokasi anggaran, pengadaan barang jasa serta pelayanan publik perizinan oleh Budi Waluyo dari KPK.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada kesempatan yang sama juga menegaskan bahwa Kaltim terus mendukung dan berkomitmen dalam program pemberantasan korupsi. Melalui peningkatan keimanan aparatur pemerintah.

“Pemerintah Provinsi Kaltim terus meningkatkan kualitas integritas dan keimanan aparatur. Komitmen itu ditunjukan dengan adanya OTT (operasi tangkap tangan/korupsi) senilai Rp 2 triliun di pelabuhan (bongkar muat peti kemas/Palaran) beberapa waktu lalu,” tegasnya.

Awang yang mantan Bupati Kutim ini juga menegaskan penolakannya terhadap hak angket yang akan melemahkan KPK. Dia justru menyarankan diterbitkan Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) oleh Pemerintah Pusat, namun harus bertujuan menguatkan KPK bukan sebaliknya justru melemahkan. (hms7)