Advetorial

Fokus Penguatan Antar Anggota Acuan Utama di Raker ASKOMPSI 2023

217
×

Fokus Penguatan Antar Anggota Acuan Utama di Raker ASKOMPSI 2023

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Balikpapan – Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) tahun 2023 remi dibuka di Balikpapan. Ketua ASKOMPSI periode 2023-2025, Muhammad Faisal menuturkan, inilah Raker pertama jajaran dewan pengurus baru setelah dikukuhkan pada 27 Juli 2023 lalu di Jakarta.

Dalam Raker ASKOMPSI tahun 2023, para pengurus dan anggota membahas penyusunan program kerja selama setahun ke depan. Raker ASKOMPSI 2023 juga dirangkai dengan kegiatan Seminar Nasional Statistik Sektoral yang diikuti oleh Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Faisal memaparkan, ada dua fokus utama dalam program kerja ASKOMPSI selama setahun ke depan. Pertama adalah menyinergikan koordinasi antara pusat dan daerah. Serta memperkuat peran Diskominfo di setiap daerah. Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Sinergi bersama pemerinrah pusat memang penting. Tapi yang lebih penting lagi, adalah bagaimana sesama kita bisa saling menguatkan,” ujar Faisal yang juga menjabat sebagai Kepala Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat memimpin Raker ASKOMPSI Tahun 2023 di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (14/9/2023).

Penguatan antar anggota yang dimaksud adalah dengan menjalin kerja sama antar Diskominfo di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Agar dapat saling membantu dan menciptakan ruang berbagi pengetahuan, wawasan, dan transfer knowledge antar daerah.

“Misalnya Diskominfo Kaltim akan MoU dengan Diskominfo Jawa Barat. Kita saling share saja, saling bantu. Apa keunggulan mereka dan apa keunggulan kita,” ujar pria berkaca mata ini.

Faisal juga akan menginisiasi program kegiatan best practice bergilir secara daring. Best practice ini akan dipimpin secara bergilir oleh Dinas Kominfo di seluruh daerah untuk memaparkan pengalaman atau program capaian masing-masing.

“Kita buat tiga bulan sekali best practice secara online. Misalnya bulan ini Diskominfo Jatim, tiga bulan berikutnya Jabar, dan seterusnya. Jika perlu kita buat juga best practice oflinenya, dengan magang sebulan,” tambah Faisal.

Selanjutnya, fokus kedua adalah pelaksanaan ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Awards Tahun 2024. Sebuah ajang penganugerahan bagi para Sekda yang memiliki kinerja digital terbaik.

Sebagai penutup Raker ASKOMPSI 2023, telah diputusakan pelaksanaan rapat kerja selanjutnya berada di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dimana Diskominfo Provinsi Jabar sebagai tuan rumah kegiatan.

Hadir dalam Raker ASKOMPSI 2023, Analis Kebijakan Ahli Madya Kemendagri Ucup Hidayat, Direktur Eksekutif ASKOMPSI Eddy Santoso, Wakil Ketua ASKOMPSI sekaligus Kadiskominfo Jawa Barat Ika Mardiah, Kadis Kominfo Kalsel Muhammad Muslim, dan Kadis Kominfo Provinsi Gorontalo Rifli Katili. (Krv/Imr)