Advetorial

Cegah Pungli, Disdukcapil Kutim Gelar Kegiatan ini Bersama Saber Pungli

374
×

Cegah Pungli, Disdukcapil Kutim Gelar Kegiatan ini Bersama Saber Pungli

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Pada tanggal 3 Mei 2023, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyelenggarakan Sosialisasi Pungli dengan tema “Sapu Bersih Pungutan Liar Kita Wujudkan Integritas Kutai Timur.” Acara ini diadakan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Timur (Disdukcapil Kutim).

Sekretaris Itwil, Endry Permadi, menyampaikan bahwa potensi rawan terjadinya pungutan liar memang banyak terjadi dalam proses penyelenggaraan layanan pemerintah, salah satunya adalah di Disdukcapil terkait layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Oleh karena itu, Satgas Saber Pungli terus melakukan sosialisasi dan pembinaan, tidak hanya melalui pertemuan tatap muka tetapi juga aktif mengkampanyekan melalui media sosial untuk memberikan edukasi kepada masyarakat,” terangnya.

Endry Permadi juga menjelaskan bahwa Saber Pungli dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (PP) Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 dalam upaya pemberantasan pungutan liar. Setiap kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, ditindaklanjuti untuk membentuk Satgas dan Sekretariat Saber Pungli.

“Masyarakat yang ingin melaporkan tindakan pungutan liar atau sejenisnya dapat langsung datang ke kantor Sekretariat Saber Pungli atau melalui media sosial,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil, Jumeah, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (PemKab Kutim) mencanangkan zona integritas yang di launching langsung oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman pada awal tahun 2023. Disdukcapil menjadi salah satu Perangkat Daerah (PD) yang dideklarasikan sebagai daerah pembangunan integritas zona wilayah biokrasi bebas korupsi (WBBK) dan wilayah biokrasi bersih melayani (WBBM). Pencanangan ini memberikan motivasi bagi Disdukcapil untuk berbenah terutama dalam komitmen menegaskan integritas sebagai aparatur penyelenggara pelayanan di Disdukcapil.

Dalam kegiatan tersebut, hadir beberapa pejabat dan perwakilan, antara lain Kepala Disdukcapil Kutim, Jumeah, Sekretaris Inspektorat Wilayah (Itwil), Endry Permadi K, yang juga menjabat sebagai sekretaris Saber Pungli Kutim,Kanit Tipikor Polres Kutim, Ipda Alan Firdaus, Kepala Sub Seksi Ideologi Politik Pertahanan Keamanan Sosial Budaya dan Teknologi Informasi Kejaksaan Kutim, Arief Pramudya Wardana (ADV)