Pengendalian Penduduk Lewat KB MKJP

Wartakutim.co.id, Sangatta – Mencapai target agar program Keluarga Berencana (KB) dapat berjalan secara merata dan efisien, maka dibutuhkan pemahaman maupun kemampuan dari tenaga-tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit negeri maupun swasta. Untuk itulah dilakukan pembekalan secara khusus, agar mampu memenuhi target dari program KB untuk pengendalian penduduk.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) dr Setiadi Halim saat ditemui Wartakutim.co.id pada Senin (1/8/2022) beberapa waktu lalu, menerangkan ditataran lapangan pihaknya memberikan pelatihan-pelatihan kepada tenaga kesehatan di Kutim. Termasuk seperti pelatihan pemasangan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama lebih dari 2 tahun,efektif dan efisiensi untuk tujuan pemakian menjarangkan kelahiran lebih dari 3 tahun atau mengakhiri kehamilan atau sudah tidak ingin menambah anak lagi,” terang lelaki lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya, Jawa Timur ini.

Diterangkannya lebih jauh, jika pelayanan MKJP perlu didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional dan kompeten. Sementara penggunaan MKJP lebih tepat dan efektif digunakan jika keluarga sudah tidak menginginkan anak lagi atau ingin membatasi atau menjarangkan kelahiran dalam waktu yang cukup lama yang disesuaikan dengan umur dan jumlah anak yang dimiliki.

“Itulah maka penting dilaksanakan pembekalan kepada tenaga kesehatan untuk dapat melakukan tugasnya, mendukung program pemerintah dalam melakukan pengendalian penduduk,” terangnya lebih jauh. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)